Warga Jabodetabek dan Cianjur Resmi Dilarang Halal bi Halal Saat Lebaran

- Selasa, 11 Mei 2021 | 10:47 WIB
dok. Pemkot Bogor
dok. Pemkot Bogor

BOGOR, AYOJAKARTA - Pemerintahan Jabodetabek-Cianjur (Jabodetabekjur) sepakat, selain melarang mudik lebaran, masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabekjur untuk tidak melakukan perjalanan lintas wilayah.

Baik lintas kampung, desa, kecamatan hingga lintas kota dan kabupaten pada tahun ini.

"Berdasarkan hasil rapat dengan Gubernur DKI Jakarta dan seluruh kepala daerah Jabodetabekjur, kita semua sepakat untuk melarang masyarakat melakukan perjalanan ke luar wilayah tanpa alasan yang jelas hingga 16 Mei 2021 mendatang," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Selasa 11 Mei 2021.

Tak hanya melarang masyarakat untuk bepergian ke luar wilayah, pemerintah Jabodetabekjur juga sepakat untuk melarang masyarakat menggelar tradisi halal bihalal atau kumpul-kumpul bersama keluarga besar. Terlebih halal bihalal ke luar wilayah.

"Halal bihalal atau kumpul-kumpul silaturahmi ditiadakan. Jadi tidak ada kegiatan silaturahmi lintas wilayah, kalau bisa dilakukan secara virtual saja," ucapnya.

Bima Arya Sugiarto mengaku, pelarangan tersebut dilakukan untuk menekan potensi penyebaran covid-19 pada hari raya lebaran. Di mana momen lebaran dinilai sangat rawan untuk menjadi sarana penyebaran covid-19.

"Seluruh kepada daerah se-Jabodetabekjur semua sepakat untuk melarang ini. Hal ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran covid-19," ujarnya. 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

X