Dapat Restu Menteri BUMN, Program Trem Kota Bogor Temui Titik Terang

- Jumat, 30 April 2021 | 14:35 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim (Yogi Faisal/ AyoJakarta)
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim (Yogi Faisal/ AyoJakarta)

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA - Mimpi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk memiliki moda transportasi berbasis rel atau trem di Kota Bogor akhirnya menemukan titik terang.

Pasalnya, rencana trem mengaspal di jalanan Kota Hujan sudah mengantongi restu dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, secara umum Menteri BUMN Erick Thohir mendukung adanya trem di Kota Bogor.

"Beberapa waktu lalu Pak Wali sudah bertemu dengan Menteri BUMN, pak menteri pada prinsipnya akan mendukung program trem ini," katanya, kepada ayobogor.com belum lama ini.

Meski sudah mengantongi restu dari Menteri BUMN, Pemkot Bogor diminta untuk memikirkan matang-matang skema apa yang nantinya bakal digunakan untuk mengelola trem.

"Kita diminta untuk mencari skema terbaiknya. Apakah menggunakan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sistem investasi atau seperti apa masih kami cari rumusannya," ujarnya.

Menteri BUMN dan Pemkot Bogor juga setuju, untuk melibatkan BUMN lainnya, untuk mensukseskan program trem di Kota Bogor. Seperti melibatkan PT KAI maupun PT INKA dalam program trem tersebut.

"Kami berharap BUMN seperti PT KAI dan PT INKA bisa ikut serta kedepannya untuk melakukan pengelolaan bersama untuk trem ini. Karena kedua BUMN ini memang bergerak di bidang transportasi berbasis rel," ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan, pertemuan tersebut membahas tentang skema pendanaan dan pembangunan trem. Dimana, terdapat dua opsi pendanaan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X