Pemkab Bogor Sediakan Beasiswa Total Rp13 Miliar, Berminat Daftar?

- Kamis, 22 April 2021 | 12:21 WIB
Dok Pemkab Bogor
Dok Pemkab Bogor

CIBINONG, AYOJAKARTA - Melalui event Bogor Leaders Talk, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiapkan 1.200 beasiswa Pancakarsa dengan total anggaran Rp13 miliar untuk para pemuda-pemudi Kabupaten Bogor yang berprestasi. Baik prestasi akademik, prestasi olahraga, kesenian, dan para pemuda yang bergerak di bidang sosial, serta prestasi lainnya.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, event Bogor Leaders Talk dengan tema 'Pancakarsa Dalam Ide dan Gagasan Pemuda' tersebut sengaja digelar pihaknya, guna mengetahui sejauh mana pola pikir dan gagasan kaum milenial, untuk ikut memikirkan konsep pembangunan Kabupaten Bogor ke arah yang lebih baik lagi.

"Ternyata pemuda juga paham program pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor. Kedepan kita ingin banyak lahirkan generasi muda yang tidak hanya cerdas tapi punya jiwa kepemimpinan atau leadership yang baik. Insyaallah pemuda-pemuda ini akan menjadi pemimpin masa depan," katanya.

Di era seperti ini, cerdas saja tidak cukup. Cerdas tapi tidak mampu bergaul akhirnya tidak terlihat di masyarakat. Kecerdasan harus didukung dengan berbagai hal. Event Bogor Leaders Talk ini juga merupakan musrenbang kolosal dengan konsep virtual. Apa yang disampaikan oleh anak-anak muda ini kita dengar dan akan kita implementasikan kedalam program.

“Jadi mereka tidak akan sia-sia mengemukakan ide pemikirannya. Dengan kata lain ini adalah bentuk aspirasi para pemuda Indonesia pada umumnya, dan khususnya pemuda Kabupaten Bogor untuk bersama-sama membangun tempat kita berpijak,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu ingin, di masa pandemi ini jangan hanya jadi kaum rebahan, dengan cara-cara seperti ini mudah-mudahan menggugah pemuda-pemuda yang lain untuk bisa berpartisipasi di kemudian hari. Kalau event ini berjalan konsisten setiap tahun, Insyaallah akan banyak lahir pemuda-pemuda calon pemimpin masa depan. 

Ketua Forum Rektor Indonesia Arief Satria mengaku sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Bupati Bogor, dengan menyelenggarakan kegiatan Bogor Leaders Talk, dan mencerdaskan masyarakat Kabupaten Bogor dengan program beasiswa Pancakarsa. Ini merupakan keputusan yang sangat penting untuk memotivasi para mahasiswa untuk menjadi orang sukses.

“Kita berharap bahwa calon-calon pemimpin masa depan yang berpartisipasi dalam acara Bogor Leaders Talk, benar-benar menjadi orang sukses, punya integritas, punya soft skill dan hard skill sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan,” kata Arief yang juga Rektor IPB University.

Ia menambahkan, dalam menghadapi era ketidakpastian, era yang penuh dengan pola rutinitas sangat tinggi, penuh dengan kompleksitas, maka soft skill yang penting saat ini adalah kemampuan berkomunikasi yang sangat baik. 

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB

Investasi Bodong Guru di Bogor, Ini Modusnya

Kamis, 23 September 2021 | 19:58 WIB

Guru MI di Bogor Tipu 837 Orang Lewat Investasi Bodong

Kamis, 23 September 2021 | 18:03 WIB
X