Pengembangan Vaksin Merah Putih Capai 50 Persen, Akhir Tahun Diujicoba Pada Hewan

- Rabu, 9 September 2020 | 14:10 WIB
Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro / dok
Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro / dok

BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro menyebutkan progres pengembangan vaksin merah putih sudah mencapai 50%. Vaksin ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

AYO BACA : Ebselen, Obat Bipolar yang Berpotensi Menjadi Vaksin Corona

"Tadi pagi kami sampaikan kepada bapak Presiden bahwa lembaga Eijkman sudah memulai upaya pengembangan vaksin merah putih dengan platform protein rekombinan. Saat ini prosesnya sudah mencapai 50%," kata Bambang di Istana Bogor, Rabu (9/9/2020).

AYO BACA : Januari 2021, Indonesia Siap Disuntik Vaksin Covid-19

Sebagai Ketua Tim Pengembangan Vaksin Covid-19, Bambang menargetkan akhir tahun vaksin ini bisa diuji coba pada hewan. Sehingga, lanjutnya, pada Januari 2021 lembaga Eijkman bisa menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada PT Biofarma.

"Awal tahun depan sekitar bulan januari lembaga eijikman bisa menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada biofarma untuk kemudian dilakukan formulasi produksi untuk uji klinis, baik tahap 1 maupun tahap 2 dan 3," jelasnya.

Setelah tahap uji klinis selesai, tahap berikutnya adalah pemeriksaan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Jika sudah dinyatakan aman, maka vaksin tersebut akan diproduksi secara massal.

"Setelah uji klinis selesai dan BPOM menyatakan vaksin ini aman digunakan dan cocok untuk menjaga daya tahan tubuh dari Covid-19, maka akan dilakukan produksi dalam jumlah massal oleh Biofarma," ujar Bambang.

AYO BACA : Selasa, Ridwan Kamil Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB
X