Cerita Pemakaman Jenazah Terkait Corona di Kota Bogor, Sehari Gali 8 Liang Lahat

- Selasa, 12 Mei 2020 | 20:43 WIB
Ilustrasi foto pemakaman jenazah. [Suara.com/Alfian Winanto]
Ilustrasi foto pemakaman jenazah. [Suara.com/Alfian Winanto]

BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Di Kota Bogor terdata sudah ada 57 jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19. Banyak cerita yang terjadi, salha satunya ada warga yang ingin makamnya dipindahkan, hingga petugas gali makam kelelahan menangani proses pemakaman jenazah terkait corona.

Kepala UPTD Pemakaman Kota Bogor Toto Gunarto mengatakan, ada dua tempat pemakaman umum (TPU) yang disediakan khusus untuk jenazah pasien terkait corona. Meski pun, saat meninggal maish dalam status ODP, jenazah tersebut wajib ditangani dengan prosedur pemakaman khusus corona.

Toto menuturkan, dua TPU di antaranya yakni TPU Kayu Manis, Kecamatan Tanahsareal dan TPU Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat.

"57 (jenazah) itu dimakamkan di dua TPU itu. Tapi Situ Gede lebih banyak, hampir 75%," kata Toto di Kota Bogor, Selasa (12/5/2020).

Toto menjelaskan, setiap jenazah yang berasal dari RSUD Kota Bogor diarahkan untuk dimakamkan di dua lokasi tersebut. Dia menjelaskan, jenazah pasti akan ditangani dengan menggunakan protokol Covid-19.

Toto menerangkan, petugas di dua TPU itu juga telah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) ketika akan memakamkan. Meskipun masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) saat meninggal dunia namun langkah itu sebagai upaya antisipasi.

"Hampir semuanya yang dari rumah sakit dilakukan seperti itu. Karena kita tidak tau kepastiannya apakah Covid-19 atau tidak," ujar dia.

Toto mengatakan, telah menyiapkan 50 galian di TPU Situ Gede sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sementara, di TPU Kayu Manis, hanya ada menyediakan dua lubang galian setiap usai diisi.

"Tapi kita tetap melihat perkembangan lapangan bagimana jumlah yang meninggal," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X