Tenaga Medis di Puskesmas Sebut Banyak Warga Tak Jujur Soal Covid-19

- Selasa, 21 April 2020 | 20:49 WIB
Tenaga medis tengah melayani warga yang hendak periksa.  Tenaga medis Puskesmas sebut banyak warga tak jujur soal Covid-19. (Ayobogor/Husnul Khatimah)
Tenaga medis tengah melayani warga yang hendak periksa. Tenaga medis Puskesmas sebut banyak warga tak jujur soal Covid-19. (Ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Saat pandemi Covid-19 ini tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan termasuk tenaga medis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mereka diminta pemerintah agar tetap membuka pelayanan dan harus mampu mendeteksi dini Covid-19.

Kepala Puskesmas Bogor Tengah, Dina Sita Dewi menuturkan, Covid-19 memiliki karakteristik mudah menular, sehingga tenaga medis harus sangat berhati-hati dalam menangani pasien dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kendala yang dihadapi saat ini kata dia, masih banyak masyarakat yang tidak jujur pada saat berobat mengenai gejala yang dirasakan dan riwayat perjalanan mereka. 

“Banyak warga yang berobat sering tidak jujur dari mana saja sebelum sakit, jadi kita sulit dia termasuk ODP atau bukan,” ujar Dina, Selasa (21/4/2020).

AYO BACA : Tak Ingin Kasus RSUP dr Kariadi Terulang, Dokter Tirta Minta Pasien Jujur

Dia mengimbau warga yang berobat agar jujur saat memeriksakan dirinya ke puskesmas agar penyakit lebih mudah terdeteksi dan penanganan medis yang dilakukan pun menjadi tepat. 

Sebagai langkah antisipasi setiap masyarakat yang datang harus melewati prosedur kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Jadi pada saat akan masuk ke Puskesmas ada petugas yang mengecek suhu tubuh dan memeriksa kelengkapan APD, seperti penggunaan masker dan hand sanitizer,” tuturnya.

Sementara Kepala Puskesmas Tanah Sareal, Maria Yuliana mengatakan, saat pandemi Covid-19 kunjungan warga yang ingin berobat menurun hingga 50 persen yang awalnya rata-rata perhari ada 250 pasien.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X