Riwayat Interaksi Mahasiswa IPB Positif COVID-19 Masih Ditelusuri

- Rabu, 18 Maret 2020 | 18:46 WIB
Kampus IPB
Kampus IPB

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan tentang mahasiswanya yang dinyatakan positif COVID-19. 

Ketua Tim Crisis Center IPB University, Prof Dr Dodik Ridho Nurrohmat, mengatakan, mahasiswanya yang indekos di daerah Sempur, Kota Bogor, tersebut terjangkit coronavirus dari ayahnya yang tinggal di Jakarta. 

"Sejak mengetahui bahwa ayahnya positif, IPB langsung berkoordinasi dengan Dinkes Kota dan Kabupaten Bogor," ucap Dodik dalam keterangan tertulis, Rabu (18/32020).

Saat ini penanganan awal terhadap pasien tersebut sudah dilakukan. Perawatan medis diberikan mulai dari sejak mahasiswa tersebut berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga dibawa ke Jakarta untuk menjalani karantina sesuai aturan berlaku.

IPB bersama Dinas Kesehatan Bogor juga telah meminta pihak-pihak yang sempat melakukan kontak atau beraktivitas bersama pasien positif COVID-19 itu segera melakukan karantina mandiri.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinkes untuk terus memantau perkembangan yang terjadi," jelas Dodik yang juga Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Informasi. 

Dodik meminta seluruh Civitas Akademika IPB tetap tenang terkait temuan itu. Diharapkannya, semua mahasiswa selalu mengikuti pola hidup bersih dan sehat (PHBS), misalnya rutin mencuci tangan dengan bersih dan menjaga kesehatan tubuh.

"Selalu mengutamakan sosial distancing, seperti yang disarankan oleh WHO maupun pemerintah," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengakui pihaknya sedang menelusuri riwayat interaksi mahasiswa yang terpapar virus corona itu.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB
X