Hari Anak Nasional, Anak-anak di Bogor Berkenalan dengan Dunia Pertanian

- Selasa, 23 Juli 2019 | 15:00 WIB
Ilustrasi Anak (Antara)
Ilustrasi Anak (Antara)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM--Memperingati Hari Anak Nasional, Kementerian Pertanian menggelar wisata edukasi museum tanah dan pertanian. Dalam acara ini ratusan anak-anak yang berasal dari 23 sekolah se-Bogor diajak keliling Museum Tanah dan Pertanian, Selasa (23/7/2019).

Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementan, Leli Nuryanti mengatakan kegiatan ini bertujuan menambah ilmu dan wawasan tentang pertanian dengan cara yang mengasyikan dan tidak membosankan.

"Anak-Anak bisa menyaksikan sejarah perkembangan pertanian bangsa Indonesia dari masa lalu hingga masa sekarang serta ilustrasinya pada masa akan datang dengan berkunjung ke museum ini," ujar Nuryanti disela acara.

AYO BACA : Buku Jadi Hiburan Anak-anak Pencari Suaka

Dia mengatakan di museum ini peserta bisa melihat bagaimana pertanian dikelola secara tradisional seperti membajak sawah menggunakan kerbau hingga pertanian di era revolusi industri 4.0 yang menggunakan peralatan canggih seperti drone, smart farming dan autonomous tractor.

Menurut Leli, mengenalkan anak-anak kepada pertanian adalah penting sebab anak-anak menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan sehingga harus mempunyai banyak gagasan kreatif dan inovatif yang bermamfaat bagi kelangsungan pertanian dimasa depan.

"Sebagai negara agraris pertanian harus dikenalkan kepada anak-anak sejak dini, agar kedepannya dapat memacu semangat generasi milenial yang produktif, inovatif dan kreatif untuk berpatisipasi dalam kegiatan pembangunan di bidang pertanian," katanya.

AYO BACA : Kenali Gangguan Tiroid Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Selai itu menurut Leli mengenalkan pertanian kepada anak juga penting karena hasil tani menjadi sumber pangan utama tanah air. Kesadaran tentang hal ini harus ditanamkan sejak kecil agar anak-anak zaman sekarang yang lahir di era digital tetap tertarik melanjutkan pembangunan pertanian.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB

Investasi Bodong Guru di Bogor, Ini Modusnya

Kamis, 23 September 2021 | 19:58 WIB

Guru MI di Bogor Tipu 837 Orang Lewat Investasi Bodong

Kamis, 23 September 2021 | 18:03 WIB
X