3 Siswa di Bogor Terancam Didiskualifikasi Lantaran Diduga Memanipulasi Data

- Selasa, 2 Juli 2019 | 14:20 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya

BOGOR, AYOJAKARTA.COM--Wali Kota Bogor, Bima Arya meminta agar tiga siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diduga memanipulasi data domisili Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi agar didiskualifikasi.

Bima mengatakan, ia bersama dewan pendidikan, dinas dan para Camat akan terus menelusuri nama-nama siswa yang terindikasi melakukan kecurangan serupa. Termasuk keterlibatan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kasus tersebut.

"Kami menemukan nama-nama yang terbukti memanipulasi domisili. Ketiga nama ini akan direkomendasikan kepada Dinas Provinsi Jawa Barat untuk didiskualifikasi. Kalau ada nama-nama yang kemudian masuk dan terbukti memanipulasi akan kita sampaikan untuk didiskualifikasi," ujar Bima Selasa (2/7/2019).

AYO BACA : ASN Bogor Terancam Dipecat Jika Manipulasi Alamat Peserta PPDB

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak memiliki kewenangan dalam sistem penerimaan siswa baru di tingkat SMA. Kewenangan itu langsung berada di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu ia meminta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor untuk menyerahkan daftar ketiga nama siswa yang diduga melakukan kecurangan itu ke Dinas Pendidikan Jawa Barat.

"Kami minta ke Pak Kadis, sementara tiga nama dulu diserahkan. Masalah kemudian responnya bagaimana itu tergantung SMA nya," kata Bima.

AYO BACA : Manfaat Penerapan Zonasi PPBD Akan Terasa 5 Tahun Mendatang

Situasi ini kata dia, sudah cukup untuk merekomendasikan kepada pemerintah pusat agar sistem zonasi ini dievaluasi. Pertama, tidak sesuai dengan target untuk membangun asas keadilan dalam hal kualitas pendidikan.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB
X