Banyak Pembangunan Infrastruktur di Penghujung Tahun, Komisi III: ini Penyakit Tahunan

- Jumat, 19 November 2021 | 12:41 WIB
Jajaran Komisi III DPRD Kota Bogor saat meninjau proses pembangunan Pasar Tanah Baru, di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Yogi Faisal)
Jajaran Komisi III DPRD Kota Bogor saat meninjau proses pembangunan Pasar Tanah Baru, di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Yogi Faisal)

TANAHSAREAL, AYOJAKARTA - Usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah proyek pembangunan infrastruktur, Komisi III DPRD Kota Bogor mengaku geram melihat keseriusan Pemkot Bogor dalam menggunakan anggaran.
 
Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Zaenul Mutaqin mempertanyakan keseriusan Pemkot Bogor dalam penggunaan anggaran, mengingat banyaknya program pembangunan infrastruktur yang dikerjakan di penghujung tahun.
 
Tidak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa ZM itu menilai jika penggunaan anggaran di penghujung tahun tersebut, sebagai penyakit tahunan yang kerap kali terjadi jelang pergantian tahun.
 
"Kami menyebutnya ini sebagai penyakit menahun. Karena hampir setiap tahun selalu seperti ini. Karena dari tahun ke tahun pekerjaan infrastruktur selalu dilakukan di pertengahan hingga di penghujung tahun," katanya, saat meninjau proyek pembangunan infrastruktur Kamis 18 November 2021.
 
ZM menilai, jika proyek pembangunan infrastruktur seharusnya dikerjakan sejak awal tahun berjalan. Sebab, proses penganggaran selalu dilakukan satu tahun sebelumnya.
 
"Anggaran itu kami sediakan dari tahun sebelumnya, kenapa selalu dilelangkan pada akhir tahun. Anggaran untuk tahun 2021 misalnya, kami bahas sejak 2020. Kalau seperti ini Berarti tidak ada keseriusan dari pemerintah," cetusnya.
 
Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada akhir tahun juga menjadi salah satu cara dinas untuk mengakali peningkatan serapan anggaran.
 
"Artinya penyerapan anggaran dinas terkait tidak efektif. Keseriusan Pemkot Bogor juga kami pertanyakan, karena melakukan lelang di pertengahan hingga akhir tahun. Kan anggaran ini kami sediakan dari tahun sebelumnya," ketusnya.
 
Berikut ini ayobogor.com telah merangkum sejumlah daftar pekerjaan infrastruktur, yang dilakukan Pemkot Bogor pada periode pertengahan tahun hingga akhir tahun:
 
Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor
Rp31 miliar
 
Pembangunan Alun-alun Kota Bogor
Rp13,6 miliar
 
Pembangunan Pedestarian di Jalan Ir Juanda
Rp5,4
 
Pembangunan Gedung Perpustakaan
Rp13,6 miliar
 
Pembangunan Pasar Tanah Baru
Rp3,4 miliar
 
Pembangunan Pedestarian Jalan Jendral Sudirman
Rp5 miliar

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

6 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Dibeli!

Sabtu, 20 November 2021 | 17:09 WIB
X