Pembangunan Pasar Tanah Baru, Pemkot Bogor Bakal Relokasi Paud dan Posyandu

- Kamis, 18 November 2021 | 16:51 WIB
Jajaran Komisi III DPRD Kota Bogor saat meninjau proses pembangunan Pasar Tanah Baru, di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Yogi Faisal)
Jajaran Komisi III DPRD Kota Bogor saat meninjau proses pembangunan Pasar Tanah Baru, di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. (Yogi Faisal)

 

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - Meski proses pembangunan Pasar Tanah Baru tergolong mulus, namun sedikit terganjal permasalahan administrasi dengan warga sekitar.
 
Pasalnya, tak jauh di lokasi pembangunan Pasar Tanah Baru berdiri Sekolah Paud dan Posyandu milik masyarakat yang dibangun secara swadaya oleh warga sekitar.
 
Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Zaenul Mutaqin meminta kepada Pemkot Bogor agar sesegera mungkin mencarikan jalan keluar dan solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.
 
"Karena bangunan Paud dan Posyandu masuk ke dalam lahan pasar, saya minta agar hal ini dicarikan solusinya," katanya saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pembangunan Pasar Tanah Baru Kamis 18 November 2021.
 
Pria yang akrab disapa ZM ini menilai, kalaupun keberadaan Paud dan Posyandu itu bakal mengganggu keberlangsungan pasar kedepannya, setidaknya Pemkot Bogor harus mencarikan dan membangun Paud dan Posyandu baru sebagai gantinya.
 
"Kalaupun harus dipindahkan Pemkot Bogor harus siapkan lahannya. Karena ini kepentingan warga dan ini dibangun dari hasil swadaya masyarakat setempat, jadi tidak adil ketika nanti bangunan dibongkar tapi tidak ada solusi untuk relokasi," ungkapnya.
 
Komisi III DPRD Kota Bogor meminta agar Pemkot Bogor sesegera mungkin mencarikan lokasi yang pas jika memang ingin merelokasi Paud dan Posyandu tersebut.
 
"Minimal jaraknya tidak terlalu jauhlah dengan yang ada saat ini. Kalau jauh kasian juga kan masyarakat. Semoga ada solusi cepat untuk persoalan ini, kami juga akan mempertanyakan hal ini kepada Pemkot Bogor terkait solusi untuk permasalahan ini," ujarnya.
 
Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, secara admistrasi memang lokasi Paud dan Posyandu milik warga itu berada di area Pasar Tanah Baru.
 
Kendati demikian, lantaran pembangunan Paud dan Posyandu itu dilakukan secara swadaya menggunakan dana dari warga, setidaknya Pemkot Bogor mesti menyiapkan lokasi baru jika memang ingin merepotkan Paud dan Posyandu tersebut.
 
Pihaknya mengaku akan membicarakan hal ini dengan Jajaran Pemkot Bogor untuk mencarikan solusi terbaik atas permasalahan ini. "Kami akan carikan solusinya dan akan komunikasikan untuk mencari jalan keluarnya," jelasnya.
 
Kemungkinan besar Paud dan Posyandu itu bakal dipindahkan. Lantaran pihaknya khawatir keberadaan Paud dan Posyandu yang berada tidak jauh dari Pasar Tanah Baru akan menggangu aktivitas masyarakat di sana.
 
"Kami sedang mencari lokasi fasilitas sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) terdekat dari sini. Karena kasian juga warga kalau dipindahkan tapi lokasinya jauh. Insya Allah akan kami carikan jalan terbaiknya," ujarnya. 

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

6 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Dibeli!

Sabtu, 20 November 2021 | 17:09 WIB
X