Jujitsu Jawa Barat Tampil Gemilang di PON XX Papua

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:44 WIB
 Cabang Olahraga (Cabor) Jujitsu nampaknya berpotensi menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat berkontribusi besar (dok. Jujitsu Jawa Barat)
Cabang Olahraga (Cabor) Jujitsu nampaknya berpotensi menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat berkontribusi besar (dok. Jujitsu Jawa Barat)

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA - Cabang Olahraga (Cabor) Jujitsu nampaknya berpotensi menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat berkontribusi besar dalam prestasi olahraga bagi Jawa Barat di masa depan.
 
Hal tersebut dibuktikan dengan torehan sejumlah medali dari skuad Jujitsu Jawa Barat yang berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX.
 
Ketua Kontingen Jujitsu Jawa Barat Agus Vickram mengatakan, meski masih tergolong olahraga baru dan berstatus sebagai cabor eksebisi pada PON Papua XX, skuad Jujitsu Jawa Barat berhasil menggondol 3 medali sekaligus pada PON Papua XX, yang merupakan PON perdana di mana Cabor Jujitsu dipertandingkan untuk kali pertama.
 
"Di ajang eksebisi PON Papua XX ini kami berhasil meraih tiga medali, yang terdiri dari 1 medali emas, 1 perak dan 1 medali perunggu. Tentunya ini capaian yang cukup membanggakan, mengingat jujitsu masih berstatus cabor eksebisi," katanya, Kamis 14 Oktober 2021.
 
Ketiga medali itu datang dari tiga atletnya. Yakni Anada Mauludi Ikhsan yang bertarung pada nomor 62 Kg Newaza Putra. Nurul Fikri di nomor 69 Kg Newaza Putra. Ema Reviani di nomor fighting system putri yang turun di kelas 56 Kg.
 
"Anada Mauludi Ikhsan berhasil membawa pulang 1 medali emas, Nurul Fikri 1 medali perak dan Ema Reviani dengan berhasil membawa pulang 1 medali perunggu," ujarnya.
 
Pasca mengikuti PON Papua XX, skuad Jujitsu Jawa Barat langsung fokus menghadapi sejumlah pelatihan dan pembinaan, untuk menatap PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh pada PON berikutnya.
 
"PON di Papua memang kami masih eksebisi. Pada PON berikutnya baru kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Karena pada PON mendatang kami bukan lagi cabag olahraga eksebisi," bebernya.
 
Mengamati perkembangan jujitsu yang makin merata di sejumlah daerah di Indonesia, Agus meyakini, Jawa Barat juga banyak potensi atlet yang bisa digali. 
 
Ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat tahun 2022 mendatang, akan menjadi wadah bagi semua atlet jujitsu Jawa Barat untuk unjuk prestasi. Mengingat pada eksebisi PON XX Papua banyak atlet wajah-wajah baru masuk dalam peraih medali. 
 
“Selanjutnya, kami akan terus melakukan pembinaan atlet ke semua perguruan atau club dan perguruan jujitsu yang ada di Jawa Barat untuk meningkatkan kans Jujitsu sebagai cabor andalan peraih medali," tutupnya.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Sebanyak 5.392 Anak di Kota Bogor Alami Stunting

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:51 WIB

Kasus Covid-19 di Kota Bogor Tinggal 18 Pasien

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:21 WIB

Soal Glow Kebun Raya Bogor, Ini Kata Bima Arya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:08 WIB
X