Disperumkim Ngeluh, Banyak Pohon di Bogor Dipakai Jadi Tumpuan Kabel

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:34 WIB
Disperumkim Ngeluh, Banyak Pohon Dipakai Jadi Tumpuan Kabel (Yogi Faisal)
Disperumkim Ngeluh, Banyak Pohon Dipakai Jadi Tumpuan Kabel (Yogi Faisal)

 

TANAHSAREAL, AYOJAKARTA - Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor lakukan pemangkasan terhadap dahan pohon, yang berada di pusat kota dan sejumlah jalan protokol di Kota Bogor.
 
Pemangkasan tersebut dilakukan, guna meminimalisir potensi terjadinya dahan patah sehingga berpotensi menimpa pengendara yang melintas.
 
Kepala Disperumkim Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan, pada hari ini pemangkasan dahan pohon dilakukan pihaknya di sejumlah titik. Seperti di Jalan Dadali Kota Bogor, hingga di sekitaran Jalan Pemuda dan Jalan Ahmad Yani Kota Bogor.
 
Namun saat proses pemangkasan dahan pohon dilakukan, pihaknya dikejutkan dengan banyak kabel yang dililitkan ke sejumlah batang pohon. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan petugas dan mengancam keselamatan pengguna jalan.
 
Wanita yang akrab disapa Esti itu mengaku, pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN, agar kabel-kabel yang berada di pohon dapat segera segera diamankan dan dipindahkan. 
 
"Kami akan berkoordinasi dengan PLN supaya pohon ini tidak menjadi tempat untuk tumpuan kabel," katanya, Rabu 13 Oktober 2021.
 
Esti mengaku, adanya kabel-kabel di pepohonan tersebut mengganggu proses pemeliharaan pohon yang secara rutin dilakukan oleh Disperumkim Kota Bogor. Misalnya, ketika dilakukan pemangkasan maupun penebangan pohon.
 
Adanya pohon yang dijadikan penopang kabel, dikatakan Esti, cukup banyak. “Tapi selama pohon itu tidak dilakukan pemangkasan, ditebang, kita aman-aman saja,” ujarnya.
 
Salah seorang petugas pemangkasan pohon Disperumkim Kota Bogor, Rizal Ramli mengatakan, sejak membantu pemeliharaan pohon di Kota Bogor sejak 2020, adanya pohon yang terlilit kabel merupakan salah satu kendala serius dalam melakukan pemangkasan.
 
"Tentu saja mengganggu proses perawatan. Selain mengganggu keberadaan kabel di pohon juga membahayakan petugas. Semoga hal ini bisa jadi perhatian pihak-pihak terkait, agar dapat segera dipindahkan," tutupnya

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Mulai Hari ini 36 SD di Kota Bogor Gelar PTM Terbatas

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:27 WIB
X