Kota Bogor Bakal Miliki Perda Pondok Pesantren

- Senin, 11 Oktober 2021 | 15:22 WIB
Forkopimda Kota Bogor saat memberikan keterangan resmi kepada awak media, di ruang rapat Paseban Sri Bima Balaikota Bogor (Yogi Faisal)
Forkopimda Kota Bogor saat memberikan keterangan resmi kepada awak media, di ruang rapat Paseban Sri Bima Balaikota Bogor (Yogi Faisal)

TANAHSAREAL, AYOJAKARTA - DPRD Kota Bogor saat ini tengah menggarap kajian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pondok pesantren di Kota Bogor.
 
Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bogor Rizal Utami mengatakan, kajian Raperda tentang pondok pesantren itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi eksistensi pondok pesantren di Kota Bogor.
 
"Ini juga bagian dari program turun Undang-undang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 yang sudah disahkan beberapa waktu lalu. Apalagi Provinsi Jawa Barat telah memiliki Perda Pesantren, sehingga akan semakin elok bila Kota Bogor pun memiliki perda serupa," katanya, Senin 11 Oktober 2021.
 
Tak hanya itu, adanya Raperda tentang pondok pesantren ini juga diharapkan bisa mempermudah pemerintah dalam pemenuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang ada di pondok pesantren.
 
"Kami mendorong adanya Raperda tentang pesantren ini supaya eksistensi pesantren semaki kuat. Selain itu ada hal-hal konkret dari pemerintah daerah untuk membantu pesantren terkait sarana prasarana, penguatan operasional pesantren dan sebagainya. Jadi biar ada payung hukum yang jelas sebagai landasannya," ujarnya.
 
Pria yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi I DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP ini menyebut, setidaknya ada lima poin utama yang nantinya akan menjadi titik tekan Raperda tersebut.
 
"Mulai dari kurikulum pembelajaran, status lembaga, proses pembelajaran hingga bantuan dana dari pemerintah untuk pondok pesantren, akan kami tuangkan dalam Raperda pondok pesantren itu nantinya," bebernya.
 
Dirinya berharap, dengan adanya rancangan Raperda pondok pesantren itu bisa menjadi jawaban, untuk menutupi kekurangan sarana dan prasarana pendidikan di pondok pesantren.
 
Rizal berharap, hasil dari Bapemperda ini sudah dapat dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus) pekan depan agar secepat mungkin bisa di Paripurnakan.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Sebanyak 5.392 Anak di Kota Bogor Alami Stunting

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:51 WIB

Kasus Covid-19 di Kota Bogor Tinggal 18 Pasien

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:21 WIB

Soal Glow Kebun Raya Bogor, Ini Kata Bima Arya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:08 WIB
X