Pembangunan Alun-alun Kota Bogor Baru Mencapai 37 Persen

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:22 WIB
Sejumlah pegawai saat melakukan salah satu pekerjaan pada segmen pembangunan alun-alun Kota Bogor. (Yogi Faisal)
Sejumlah pegawai saat melakukan salah satu pekerjaan pada segmen pembangunan alun-alun Kota Bogor. (Yogi Faisal)

 

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - Pembangunan Alun-alun Kota Bogor terus dilakukan. Teranyar, pembangunan yang menelan anggaran sebesar Rp13,6 miliar tersebut baru mencapai 37 persen lebih dari target pengerjaan.
 
"Pembangunan Alun-alun Kota Bogor saat ini kurang lebih sudah 37 persen. Alhamdulillah sampai saat ini perkembangannya cukup bagus," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih, Senin 11 Oktober 2021.
 
Wanita yang akrab disapa Esti itu menjelaskan, secara umum pembangunan alun-alun Kota Bogor tersebut bakal dibagi dalam empat zona, yakni zona botani, zona olahraga, zona plaza dan zona rohani.
 
"Jadi tidak hanya alun-alun saja. Tapi ada banyak fasilitas dan sarana prasarana penunjang lainnya di alun-alun Kota Bogor ini nantinya. Dan semua pekerjaannya dilakukan secara simultan di setiap segmen," ungkapnya.
 
Untuk zona botani, nantinya zona tersebut bakal ditanami sekitar 300 lebih jenis tanaman. Sementara untuk zona olahraga, nantinya di alun-alun Kota Bogor tersebut bakal dibangun joging trek dan sarana olahraga lainnya.
 
"Kalau untuk zona plaza, nantinya kami akan lengkapi alun-alun Kota Bogor ini dengan area semacam teater. Jadi nanti di sana bisa dipakai untuk tempat pertunjukan atau pagelaran seni seperti yang ada di Taman Ekspresi Sempur Kota Bogor," ujarnya.
 
"Sementara untuk zona rohani, nantinya kami akan pasang hiasan Asmaul Husna. Di alun-alun Kota Bogor ini juga nantinya kami akan lengkapi dengan sejumlah diorama perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan," ucapnya menambahkan.
 
Pembangunan Alun-alun Kota Bogor yang berlokasi di atas lahan eks Taman Topi itu bakal dilakukan secara menyeluruh tanpa ada pembangunan pembagian zona.
 
"Zona botani, zona olahraga, zona plaza dan zona rohani semuanya kami bangun secara serentak. Saat ini juga kontraktor sedang membangun pedestarian, joging track, plaza. Pokoknya yang bisa dikerjakan langsung dikerjakan," bebernya.
 
Disinggung soal potensi molornya pembangunan alun-alun Kota Bogor, Esti mengaku optimis jika pembangunan alun-alun Kota Bogor itu bakal selesai tepat pada waktunya atau selesai pada Desember 2021 mendatang. 
 
"Optimis bisa selesai. Karena pembangunan pola alun-alun Kota Bogor hampir selesai. Tinggal bagian pemasangan lainnya dan tahap finishing saja," tegasnya.
 
Sekedar diketahui, pembangunan alun-alun Kota Bogor ini menelan anggaran Rp13,6 miliar. Pembangunan alun-alun di atas lahan eks Taman Topi itu ditarget selesai pembangunannya selama 180 hari kerja. Atau hingga Desember 2021 mendatang. (Yogi Faisal)
 
 

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Sebanyak 5.392 Anak di Kota Bogor Alami Stunting

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:51 WIB

Kasus Covid-19 di Kota Bogor Tinggal 18 Pasien

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:21 WIB

Soal Glow Kebun Raya Bogor, Ini Kata Bima Arya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:08 WIB
X