1,9 Hektar Lahan Disiapkan Pemkot Bogor Bangun Stasiun Baru di Sukaresmi

- Rabu, 15 September 2021 | 12:52 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (Yogi Faisal)
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (Yogi Faisal)
 
 
TANAHSAREAL, AYOJAKARTA - Setelah sempat tertunda selama beberapa tahun, kini wacana pembangunan stasiun kereta di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor kembali santer terdengar.
 
Jika dahulu wacana pembangunan stasiun sempat terganjal soal ketersediaan lahan. Kini permasalahan tersebut rampung diselesaikan. Lantaran Pemkot Bogor sudah menyiapkan lahan seluas 1,9 hektar di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal sebagai calon lokasi pembangunan stasiun kereta baru di Kota Bogor.
 
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, selain sudah menyiapkan lahan melalui pembebasan lahan dan pembangunan jalan, Pemkot Bogor akan kembali menyurati PT Kereta Api Indonesia (KAI), Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Balai Besar Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat terkait rencana pembangunan Stasiun Sukaresmi.
 
"Kami akan bersurat kembali soal pembangunan Stasiun Sukaresmi ini. Kami akan minta agar PT KAI, DJKA dan BTP Jawa Barat untuk konsisten melanjutkan rencana pembangunan Stasiun Sukaresmi ini," katanya, Rabu 15 September 2021.
 
Dedie A Rachim mengatakan, secara umum pembangunan Stasiun Sukaresmi tersebut mesti kembali dari nol. Lantaran anggaran pembangunan yang sudah disiapkan harus dialihkan lantaran pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.
 
"Selain ada pengalihan anggaran di pemerintah pusat, juga terdapat penurunan pendapatan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang mengakibatkan beberapa rencana proyek ditunda atau dibatalkan. Makannya kami akan cuba ingatkan dan mulai kembali dari awal," bebernya.
 
Dedie berharap pembangunan Stasiun Sukaresmi bisa direalisasikan. Karena Pemkot Bogor sudah menyiapkan lahan kurang lebih seluas 1,9 hektare.
 
“Kami berharap pemerintah pusat dalam hal ini DJKA, Kementerian Perhubungan, bisa menindaklanjuti pembangunan Stasiun Sukaresmi ini. Karena saat ini lahannya sudah kami bersihkan. Nanti kami coba bicarakan secara teknis untuk hal-hal yang lainnya,” tutupnya. 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X