Masuk Daftar 10 Pejabat Terkaya, Darimana Asal Usul Harta Kekayaan Kepsek SMKN 5 Tangerang?

- Selasa, 14 September 2021 | 06:46 WIB
Uang Koin (Pixabay)
Uang Koin (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - LHKPN Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mencatatkan Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Kota Tangerang, Nurhali masuk daftar 10 pejabat terkaya.

Nurhali, tak menduga dirinya masuk jajaran pejabat terkaya di Indonesia. Nurhali mengatakan, hanya menjalankan kewajiban sebagai penyelenggara negara yang wajib melaporkan harta kekayaan yang dimiliki. 

Berdasarkan situs elhkpn.kpk.go.id, Nurhali masuk ke dalam daftar 10 pejabat terkaya di Indonesia. Nurhali berada di posisi ketujuh dengan kekayaan berjumlah Rp1,6 triliun. Kekayaannya dua level di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memiliki total kekayaan sebesar Rp2,02 triliun.  

"Sebagai penyelenggara negara kita wajib melaporkan harta benda atau kekayaan yang kita miliki. Jadi saya laporan saja. Iya (jujur-jujur saja)," kata Nurhali mengawali perbincangan dengan awak media di SMK Negeri 5 Kota Tangerang dikutip Republika-jejaring ayojakarta, Senin (13/9).

Nurhali menuturkan, kekayaan yang dilaporkan ke LHKPN KPK benar adanya. Kekayaan itu berupa harta bergerak dan harta tidak bergerak yang jumlahnya mencapai hingga Rp1.601.972.500.000 Meliputi tanah dan bangunan sebesar Rp1.601.352.000.000, alat transportasi dan mesin sebesar Rp558 juta, motor senilai Rp8 juta, dan harta bergerak lainnya Rp74 juta dan kas Rp4,5 juta. Namun, terdapat hutang sebesar Rp46 juta.

Harta kekayaan yang dilaporkannya, kata Nurhali, angka fantastis itu muncul dari estimasi harga tanah. Namun, menurut penuturannya, sebenarnya tanah tersebut merupakan harta warisan istrinya.

"Harta yang tidak bergerak berupa tanah bagian dari istri saya, bukan punya saya. Kan memang harus dilaporkan semuanya. Kan harta istri suami jadi satu," tuturnya.

Nurhali mengaku tidak mengetahui bahwa laporan kekayaan tersebut di-ranking oleh pihak KPK. Hingga akhirnya namanya muncul di jajaran orang-orang terkaya di Indonesia, bersanding bersama dengan sekaliber menteri.

"Sejujurnya saya enggak tahu (di-ranking), karena itu kewajiban penyelenggara negara semuanya, bukan saya saja sih. Dilaporkan tiap tahun. Dan kenyataannya seperti itu (masuk jajaran orang terkaya di Indonesia)," ujarnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Helikopter Terguling di Bandara Budiarto Tangerang

Senin, 13 September 2021 | 15:22 WIB
X