Zoom Bisa Membuatmu Insecure, Begini Penjelasannya

- Selasa, 4 Agustus 2020 | 15:14 WIB
Zoom, aplikasi yang membuat kita sering menatap wajah kita sendiri, bisa membuat kita insecure. (Zoom)
Zoom, aplikasi yang membuat kita sering menatap wajah kita sendiri, bisa membuat kita insecure. (Zoom)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM – Aplikasi Zoom telah menjadi salah satu aplikasi andalan untuk konferensi online sejak pandemi. Namun, siapa sangka, Zoom ternyata bisa membuat kita insecure akan diri kita sendiri?

Tentu, konferensi yang dilakukan lewat Zoom memiliki sejumlah keuntungan. Keuntungan paling utama adalah kita bekerja di tengah lingkungan nyaman rumah dan aman dari risiko terjangkit pandemi.

Sayangnya, terlalu lama berkutat di Zoom hanya akan memengaruhi mental kita dengan buruk.

Satu dari 50 orang di dunia menderita Body Dysmorphic Disorder (BDD) atau penyakit mental di mana penderita sangat insecure dengan penampilannya. Penderita kerap terobsesi pada titik-titik tertentu tubuhnya juga “kesempurnaan” penampilan orang lain.

“Berbagai studi kasus menunjukkan beberapa dekade terakhir ini, ketidakpuasan akan kondisi tubuh secara umum, juga kasus ekstrem seperti BDD, meningkat,” tutur psikolog dan ahli dismorfia tubuh, Ben Buchannan.

AYO BACA : Ini Cara Membisukan Mikrofon Otomatis Aplikasi Zoom

Penyebab

“Zaman sekarang, kita terekspos pada ilustrasi ‘kesempurnaan’ dengan lebih mudah juga luas akibat penggunaan teknologi sehari-hari,” ujar ahli dismorfia tubuh, Hilary Weingarden.

 “Tidak sedikit juga kemungkinan orang-orang gagal paham foto dan momen teman-teman mereka di Instagram itu tidak realistis,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Cerita Perajin Kain Tapis

Jumat, 24 September 2021 | 07:10 WIB

Yamaha Berikan Diskon Servis di Bulan September Ceria

Jumat, 10 September 2021 | 17:23 WIB

Beli Yamaha Gear 125 Hemat Hingga Rp 3,5 Juta

Jumat, 10 September 2021 | 17:15 WIB
X