Jak Lingko Bertransformasi Jadi Perusahaan Pengelola Tarif dan Tiket Transportasi di Jakarta

- Rabu, 15 Juli 2020 | 20:21 WIB
sebagai ilustrasi:  Kartu JakCard dan Jak Lingko untuk transaksi LRT (Humas Bank DKI)
sebagai ilustrasi: Kartu JakCard dan Jak Lingko untuk transaksi LRT (Humas Bank DKI)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Sistem transportasi yang terintegrasi di Jakarta atau Jak Lingko akan menjadi perusahaan pengelola tarif dan tiket transportasi umum di Ibu Kota. Nantinya, akan ada satu alat pembayaran yang dapat digunakan di berbagai moda transportasi darat di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sebuah acara di Kementerian Perhubungan. Dalam kesempatan itu Anies mengemukakan bahwa Jak Lingko akan menjadi perusahaan bernama PT Jak Lingko Indonesia.

AYO BACA : Puluhan Kelurahan di Jaktim Bersaing Raih Predikat Kampung Udara Bersih

"Integrasi ini akan melahirkan institusi PT Jak Lingko Indonesia yang akan mengintegrasikan tarif dan tiket. Dari namanya, sudah mencerminkan link atau tersambung," kata Anies, Rabu (15/7/2020).

Anies menjelaskan, integrasi penbayaran ini dapat memudahkan masyarakat dalam bertransportasi di Jakarta. Dengan adanya sistem satu alat pembayaran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi umum.

AYO BACA : KWK Minta Tambahan 10 Trayek Jaklingko di Jakut

"Nantinya kita menyaksikan warga dengan satu device apakah itu nantinya kartu atau smartphone, tapi ada instrumen tunggal yang digunakan untuk semua moda transportasi di Jakarta," ungkap Anies.

Dia berharap sistem satu pembayaran tersebut tak hanya ada di Jakarta. Integrasi itu menurut Anies bisa juga diterapkan oleh daerah lain sebagai bentuk modernisasi di bidang transportasi.

"Ini adalah sebuah harapan untuk bisa nantinya semakin luas. Sekarang memang baru di Jakarta, tapi mudah-mudahan meluas di Jabodetabek, dan mudah-mudahan nanti meluas di berbagai wilayah," katanya.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Yamaha Berikan Diskon Servis di Bulan September Ceria

Jumat, 10 September 2021 | 17:23 WIB

Beli Yamaha Gear 125 Hemat Hingga Rp 3,5 Juta

Jumat, 10 September 2021 | 17:15 WIB

Performa dan Rencana Strategi bank bjb syariah 2021

Senin, 6 September 2021 | 15:57 WIB
X