Jokowi Sebut Anggaran Kesehatan Baru Keluar 1,53 Persen

- Minggu, 28 Juni 2020 | 20:43 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) / instagram: @jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) / instagram: @jokowi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat geram saat mengetahui anggaran kesehatan baru dicairkan kurang dari 2%, yakni baru turun 1,53%. Padahal, di tengah pandemi, anggaran kesehatan menjadi terpusatkan untuk menangani berbagai urusan wabah.

Jokowi mengatakan, alokasi bidang kesehatan memiliki anggaran yang tidak sedikit yakni Rp 75 triliun. Ia pun meminta agar belanja peralatan kesehatan serta pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialias, dan tenaga medis segera dilakukan.

"Bidang kesehatan itu dianggarkan Rp 75 triliun, baru keluar 1,53 persen coba? Uang beredar di masyarakat kerem (terhenti) ke situ semua. Segera itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran, sehingga men-trigger ekonomi," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan arahan dalam sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta pada 18 Juni 2020.

AYO BACA : Selamat Ulang Tahun ke-59 Presiden Jokowi, Jubir: Berjuang Tanpa Pamrih

Video arahan Presiden Jokowi tersebut baru dikeluarkan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden pada channel Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (28/6/2020).

"Saya perlu ingatkan belanja-belanja di kementerian. Saya melihat laporan masih biasa-biasa saja. Segera keluarkan belanja itu secepat-cepatnya, karena uang beredar akan semakin banyak, konsumsi masyarakat akan naik," ucap Jokowi.

"Jadi belanja kementerian tolong dipercepat. Sekali lagi jangan anggap ini biasa saja. Percepat kalau ada hambatan keluarkan peraturan menterinya agar cepat, kalau perlu perpres saya keluarkan perpresnya," tambahnya.

AYO BACA : Jokowi Jogging Bareng KSAD, KSAU dan KSAL di Istana Bogor

Begitu juga bantuan sosial yang ditunggu masyarakat, sambung dia, agar segera dikeluarkan dan dikucurkan. 

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Cerita Perajin Kain Tapis

Jumat, 24 September 2021 | 07:10 WIB

Yamaha Berikan Diskon Servis di Bulan September Ceria

Jumat, 10 September 2021 | 17:23 WIB

Beli Yamaha Gear 125 Hemat Hingga Rp 3,5 Juta

Jumat, 10 September 2021 | 17:15 WIB
X