Keren, APD Khusus Pengemudi Ojol Ini Bisa Cegah Droplet

- Rabu, 3 Juni 2020 | 12:58 WIB
APD ala pengemudi ojol (dok pribadi Igun Wicaksono)
APD ala pengemudi ojol (dok pribadi Igun Wicaksono)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) Indonesia telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan untuk menyongsong tatanan normal baru. 

Sebagai asosiasi pengemudi ojol, GARDA ingin meminimalisir potensi penularan COVID-19.

"Kami sebagai asosiasi pengemudi ojek online, GARDA Indonesia sudah menyiapkan protokol-protokol kesehatan termasuk tools atau alat pelindung diri (APD) khusus ojol sebagai standard untuk memasuki fase new normal," kata Ketua Presidium Nasional GARDA Indonesia, Igun Wicaksono saat dihubungi Ayojakarta, Rabu (3/6/2020).

Menurut Igun, APD yang dipersiapkan dalam bentuk partisi atau pembatas antara pengemudi dengan penumpang ojol. Partisi ini dirancang untuk menangkal droplet antara penumpang dengan pengemudi maupun sebaliknya. 

"Dengan menggunakan partisi ini, kami berharap bisa lebih dapat mencegah penularan COVID-19," jelasnya.

Partisi berbahan fiber plastik ini berbobot ringan dan kuat sehingga tidak membebani pengemudi ojol saat bertugas. Untuk lebih aman dalam menggunakannya, Igun menganjurkan kecepatan sepeda motor tidak melebihi 50 kilometer (km) per jam.

"Di atas kecepatan itu penumpang harus menegur pengemudi," imbuhnya.

Lebih lanjut Igun menuturkan, ide membuat APD ini berangkat dari anjuran pemerintah supaya menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman.  

"Physical distancing cukup sulit diterapkan di sepeda motor. Dengan adanya partisi ini, menjadi salah satu upaya untuk menjaga jarak antar pengemudi dan penumpang agar tidak terjadi sentuhan langsung," ujarnya. 

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

112 Ribu Pelanggan PLN Tambah Daya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Upah Minimum Pekerja akan Naik 2022

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:31 WIB

Riding Semakin Keren dengan Yamaha Gear Modification

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:12 WIB

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:30 WIB
X