Hipmi Rilis Aplikasi KendaliCovid19 untuk Bantu Masyarakat dan Pemerintah

- Kamis, 9 April 2020 | 12:46 WIB
Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Bagas Adhadirgha (Media Hipmi)
Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Bagas Adhadirgha (Media Hipmi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Aplikasi KendaliCovid untuk membantu pengendalian COVID-19 di Indonesia kini sudah bisa diunduh melalui situs yang beralamat di kendalicovid19.id.

KendaliCovid ini dihadirkan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sebagai salah satu upaya untuk menentukan apakah masyarakat memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terkait COVID-19.

Cara kerjanya menggunakan data yang diproduksi oleh gadget melalui pengisian kuesioner (self assessment) untuk merekam informasi yang dibutuhkan. 

Setelah tahap pengisian kuesioner selesai, pengguna bisa melihat hasil assesment pada gadget, di mana ada beberapa indikator yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi.

Menurut keterangan yang tertera di situsnya, pengguna aplikasi KendaliCovid19, diminta untuk menjawab kuesioner dengan jujur. 

"Dengan berpartisipasi di aplikasi ini, Anda telah membantu pengendalian COVID-19 di dalam keluarga, orang-orang terdekat, dan Indonesia. Hipmi inisiatif membantu pemerintah dengan cara bekerja sama dengan perusahaan swasta anak bangsa membuat aplikasi kuesioner untuk clustering COVID-19," ujar Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Bagas Adhadirgha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Bagas mengatakan, Kendalicovid19.id memberikan kemudahan penyampaian informasi yang akurat dalam pengujian mandiri risiko tertular COVID-19. Pengisian kuesioner dilakukan selama tiga hari berturut-turut dengan pertanyaan yang berbeda, untuk mengidentifikasi apakah memiliki risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi dalam terpapar Covid-19.

"Jika Anda berada pada risiko sedang dan risiko tinggi, akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut di rumah sakit rujukan atau fasilitas kesehatan terdekat dari alamat yang didaftarkan. Bersama kita putus mata rantai penyebaran COVID-19 Kendalicovid19.id sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda," terangnya.

Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data hanya akan diakses bila masyarakat dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Cerita Perajin Kain Tapis

Jumat, 24 September 2021 | 07:10 WIB

Yamaha Berikan Diskon Servis di Bulan September Ceria

Jumat, 10 September 2021 | 17:23 WIB

Beli Yamaha Gear 125 Hemat Hingga Rp 3,5 Juta

Jumat, 10 September 2021 | 17:15 WIB
X