Tips Sandi Uno untuk Pelaku UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

- Selasa, 7 April 2020 | 14:34 WIB
Sandiaga Uno (dok Twitter sandiuno)
Sandiaga Uno (dok Twitter sandiuno)

BEKASI, AYOJAKARTA.COM -- Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tips dan saran untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian global terguncang.

Hal itu diungkapkan Sandiaga dalam e-Talkshow Bang Sandi  pada channel YouTube AskCoachFaran milik founder Wiranesia Foundation Faransyah Agung Jaya, Selasa (7/4/2020).

Sandi mengungkapkan bahwa kondisi tekanan ekonomi ini diprediksi bisa berlangsung dalam satu hingga dua tahun ke depan. Namun, harus tetap optimistis karena banyak peluang yang bisa ditangkap pada setiap situasi sulit sekalipun.

AYO BACA : H+K Perkenalkan CEO Kantor Baru di Indonesia

“Pertama, jangan panik duluan. Kita bisa terus amati perkembangan dan jangan melawan arus. Lebih baik menepi dulu sambil baca peluang-peluang usaha lainnya,” katanya.

Dia juga menyarankan, khususnya pada pelaku UMKM untuk melakukan adaptasi dan pemetaan potensi pasar. Ada banyak peluang yang bisa dijaring serta dikolaborasikan bersama.

“Jangan lupa, ada 61 juta lebih UMKM di Indonesia yang potensinya tentu cukup besar. Maksimalkan kemampuan jejaring, perbanyak silaturahim, dan kerja sama dengan yang lain,” ujar Sandi.

AYO BACA : Ini Tugas Berat Wagub DKI Terpilih di Tengah Wabah Virus Corona

Inisiator program OK OC ini juga tak bosan mengingatkan bahwa kerja sama atau kolaborasi antarsesama pelaku usaha maupun komunitas dapat membuat kondisi dunia usaha menjadi lebih kuat dan cepat berkembang.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Gratis Uji Emisi untuk Konsumen Service Yamaha

Rabu, 24 November 2021 | 13:23 WIB

Geliat Pengrajin Ronce Melati di Imogiri

Rabu, 17 November 2021 | 18:50 WIB

Sudah Diluncurkan, Segini Harga All New Avanza-Veloz

Kamis, 11 November 2021 | 10:41 WIB

Tips dari Yamaha Jika Tidak Lulus Uji Emisi

Selasa, 9 November 2021 | 12:57 WIB

Triwulan III 2021, NPL bank bjb Alami Penurunan

Senin, 8 November 2021 | 22:05 WIB

Usaha Kain Tenun Bantu Ibu Pedalaman Sekolahkan Cucu

Senin, 8 November 2021 | 12:04 WIB
X