Remaja 16 Tahun Retas Perusahaan Penyedia Internet di Ukraina

- Kamis, 6 Februari 2020 | 17:28 WIB
Ilustrasi Hacker
Ilustrasi Hacker

UKRAINA, AYOJAKARTA.COM – Aksi remaja 16 tahun asal Kota Odessa, Ukraina, membuat pusing dalam waktu beberapa saat. Aksi isengnya tersebut melumpuhkan jaringan sebuah perusahaan penyedia internet service provider (ISP) di negara tersebut.

Sebagaimana lansiran laman ZDnet, Kamis (6/2/2020), remaja yang namanya tak disebutkan itu awalnya memaksa ISP lokal untuk memberikan data dari salah seorang pelanggannya.

Namun karena permintaannya ditolak, ia pun kesal dan membalasnya dengam melakukan serangan distributed denial of service (DDoS) yang sukses membuat jaringan ISP mereka down.

AYO BACA : Seru, Vinales Kalahkan Rossi saat Goyang Tiktok

Serangan yang terjadi pada 2019 lalu itu berdampak cukup besar bagi perusahaan karena mereka tidak bisa memberikan layanan internet kepada para pelanggannya.

Bahkan, hal itu membuat pihak ISP menghubungi pihak berwajib dan melaporkan kejadian tersebut untuk bisa ditindaklanjuti.

Setelah ada pelaporan, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan bahwa polisi siber Ukraina langsung menyelidiki keberadaan remaja tersebut, yang kemudian diketahui berada di Kota Odessa. Ia pun ditangkap pada Januari lalu.

AYO BACA : Banjir Pengaruhi Penjualan Mobil Bulan Januari

Selain menangkap sang remaja, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang dipakai tersangka untuk melumpuhkan ISP. Dalam penyelidikan awal, polisi menemukan software yang dipakai untuk melakukan serangan DDoS beserta 20 akun di berbagai forum hacker.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

112 Ribu Pelanggan PLN Tambah Daya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Upah Minimum Pekerja akan Naik 2022

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:31 WIB

Riding Semakin Keren dengan Yamaha Gear Modification

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:12 WIB

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:30 WIB
X