Tak Lagi Membingungkan, Ikuti 4 Tips Ini ‘Tuk Dapatkan Asuransi Mobil yang Terbaik

- Jumat, 31 Desember 2021 | 20:43 WIB
ILustrasi asuransi mobil.  (CHUTTERSNAP on Unsplash)
ILustrasi asuransi mobil. (CHUTTERSNAP on Unsplash)

AYOJAKARTA.COM -- Setelah memiliki mobil pribadi, jangan sangka pengeluaran dan beban keuangan menjadi jauh berkurang. Selain rutin melakukan perawatan mobil, seperti, service rutin dan ganti oli beberapa waktu sekali, pemilik kendaraan juga harus menyiapkan asuransi agar mendapatkan perlindungan yang diperlukan.

Dengan memiliki asuransi mobil terbaik, pemilik mobil mampu meredam risiko kerugian akibat kerusakan maupun kehilangan. Oleh karena itu, produk asuransi tersebut tergolong wajib untuk dipunyai oleh para pemilik mobil pribadi.

Hanya saja, karena banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi tersebut dengan berbagai keuntungan dan opsi premi yang bervariasi, Anda merasa bingung saat diharuskan untuk memilih. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar mampu memilih asuransi mobil dengan perlindungan sesuai kebutuhan, tapi preminya masih terjangkau.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Tangkap Artis Berinisial CA Terkait Dugaan Prostitusi

Untuk lebih jelasnya, Cermati sudah merangkum 4 tips yang bisa membantu Anda dapatkan produk asuransi mobil yang terbaik.

1. Kenali Dulu Jenis Asuransi Mobil dan Perbedaannya
Tentu mustahil seseorang bisa memilih produk asuransi mobil yang terbaik tanpa memahami bagaimana cara kerja atau jenis produk yang bisa dipilihnya. Setidaknya, Anda wajib mencari tahu jenis-jenis produk asuransi mobil yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Secara umum, asuransi mobil dibagi menjadi 2 jenis, yaitu asuransi mobil comprehensive atau all risk, dan asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Sesuai namanya, kedua jenis asuransi mobil tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk jenis comprehensive atau all risk, asuransi mobil menjamin hampir seluruh risiko kerusakan yang berpotensi terjadi pada mobil. Contohnya, asuransi jenis ini memberikan perlindungan dan ganti rugi saat mobil mengalami kerusakan kecil atau ringan, kerusakan berat, sampai kehilangan.

Baca Juga: Perhatian Penting untuk Warga Jakarta! Wagub Minta Waspadai Lonjakan Omicron di Ibu Kota

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X