3 Benda Langka di Stasiun Bekasi Perlu Dilestarikan

- Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:57 WIB
Salah satu dari tiga benda bersejarah yang ditemukan di Stasiun Bekasi Kota/Humas Pemkot Bekasi
Salah satu dari tiga benda bersejarah yang ditemukan di Stasiun Bekasi Kota/Humas Pemkot Bekasi

BEKASI SELATAN, AYOJAKARTA.COM – Benda langka diduga cagar budaya ditemukan di bawah Stasiun Bekasi saat pengerjaan proyek double track.

Sejarawan Ali Anwar mengatakan bahwa terdapat sedikitnya tiga benda  yang ditemukan di titik lokasi berbeda. Ali sudah melihat langsung kondisi cagar budaya tersebut bersama Kota Bekasi Rahmat Effendi">Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Senin (10/8/2020).

“Total ada tiga yang kemarin kami lihat. Pertama, itu di bawah tanah struktur bangunan terbuat dari batu bata merah,” kata Ali saat dihubungi Ayobekasi.net, Selasa (11/8/2020).

AYO BACA : Temuan Benda Langka di Stasiun Bekasi, Pepen Bakal Surati Kemenhub

Kemudian, struktur pondasi yang letaknya tidak jauh dari penemuan bangunan bata merah tersebut. Terakhir, jendela kayu berukuran sangat besar di bekas ruangan gudang.

“Jadi jendela itu ditemukan oleh pekerja KAI di bekas gudang sebelum dirobohkan, posisinya di tempat bangunan pimpro (pimpinan proyek),” ujarnya.

Jendela ini juga diketahui termasuk benda langka yang bisa dibilang buatan masa penjajahan. Ali menyarankan agar jendela itu tidak disimpan secara sembarangan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

AYO BACA : Penggalian Proyek Pembangunan KAI Temukan Lorong Misterius di Bawah Stasiun Bekasi

“Kalau orang yang enggak ngerti bisa diambil, atau orang yang ngerti bisa seenaknya aja bawa. Nanti akan ditentukan Disparbud untuk dikelola atau dipasang supaya bisa kelihatan nilai sejarahnya,” ujar dia.   

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Dua Terduga Teroris Kelompok JI Ditangkap di Bekasi

Jumat, 10 September 2021 | 13:49 WIB
X