Bekasi Perpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Banjir Selama Seminggu

- Selasa, 7 Januari 2020 | 21:15 WIB
Pemandangan pascabanjir di Pondok Gede Permai, Jatiasih yang disebut sebagai wilayah bencana banjir terparah di Kota Bekasi. (Antara Foto/Risky Andrianto)
Pemandangan pascabanjir di Pondok Gede Permai, Jatiasih yang disebut sebagai wilayah bencana banjir terparah di Kota Bekasi. (Antara Foto/Risky Andrianto)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat memperpanjang status tanggap darurat bencana banjir selama sepekan ke depan atau hingga Selasa (14/1/2020). 

Sedianya status tanggap darurat bencana banjir itu berakhir hari ini. Namun, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan, status itu diperpanjang berdasarkan sejumlah pertimbangan dalam rapat singkat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda.

"Kami sudah melakukan rapat bersama Wakil Wali Kota Bekasi, Kapolrestro Bekasi Kota, Dandim 0507/Bks, BNPB Provinsi Jawa Barat, serta pejabat esselon II dan III di lingkungan Pemkot Bekasi," katanya, Selasa (7/1/2020).

Ditegaskan Rahmat bahwa Bekasi masih memerlukan penanganan lapangan usai terjadinya banjir minggu lalu, seperti pengangkutan sampah dan pembersihan jalan-jalan yang terdampak banjir. 

Perpanjangan status masa tanggap darurat banjir dilakukan juga karena perbaikan infrastruktur, akses air bersih dan pembersihan material banjir masih berlangsung untuk beberapa waktu ke depan.

Tindakan yang membutuhkan penanganan serius adalah pengangkutan sampah banjir karena sudah mulai menimbulkan bau tidak sedap. Rencananya, dalam waktu dekat ia akan menghubungi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk meminta agar sampah banjir Bekasi dibuang ke TPST Bantargebang.

Ia juga memerintahkan seluruh pegawainya untuk turun ke wilayah-wilayah terdampak banjir agar dapat mempercepat proses pembersihan jalan serta rumah-rumah warga.

"Sekaligus melihat kebutuhan-kebutuhan warga apa saja, kita harus siap melayani masyarakat karena kita pelayan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Plt. Direktur Fasilitasi Penanganan Korban dan Pengungsian BNPB Provinsi Jawa Barat, Joko Wismoko, mendukung keputusan memperpanjang masa tanggap darurat bencana banjir di Bekasi.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Dua Terduga Teroris Kelompok JI Ditangkap di Bekasi

Jumat, 10 September 2021 | 13:49 WIB
X