Meski Titik Berkurang, Pemkot Bekasi Belum Tuntas Atasi Banjir

- Minggu, 10 November 2019 | 17:33 WIB
Kota Bekasi/Tanyaapa.co
Kota Bekasi/Tanyaapa.co

BEKASI, AYOJAKARTA.COM -- Menurut data Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, terdapat sebanyak 36 titik banjir di wilayah tersebut. Jumlah tersebut berkurang dari sebelumnya berjumlah 49 titik.

Meskipun telah berkurang, Bidang Sumber Daya Air juga bersiap untuk menghadapi beberapa titik genangan air yang belum tertangani secara tuntas.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, DBMSDA Kota Bekasi, Yudianto menyebutkan, meskipun jumlahnya masih cukup banyak, ketinggiannya sudah mulai berkurang.

"(Kalau Banjir) tadinya ketinggian air 100 cm sekarang sudah mulai berkurang menjadi 30 cm," kata Yudianto, Minggu (10/11/2019).

Yudianto mencontohkan, beberapa titik banjir yang sudah mulai teratasi adalah di Perumahan Pondok Hijau Permai, Pengasinan, Rawalumbu, serta Perumahan Jatiwaringin, Kota Bekasi. Dinasnya sudah mulai membangun crossing buangan di bawah jalan tol, daerah perbatasan wilayah DKI.

AYO BACA : RSUD Bekasi Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik untuk ke-4 Kali

Selain adanya beberapa titik banjir, pihaknya juga mengaku masih menghadapi beberapa titik genangan air yang belum bisa diselesaikan. Genangan air tersebut rata-rata hanya setinggi 10-20 cm.

"Bukan banjir ya, hanya genangan-genangan sesaat. Kurang lebih satu jam juga sudah mulai hilang. Artinya itu hanya tundaan air masuk ke saluran pembuangan," kata dia.

Berkaitan semakin dekatnya musim hujan, Yudianto mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya, mulai dari normalisasi sungai, perbaikan sistem drainase, pembuatan polder, penyiapan pompa air, dan juga perbaikan turap-turap yang longsor. Ia mengaku tidak menyiapkan tindakan khusus, lantaran upaya penanganan saluran air sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Halaman:

Editor: Lopi Kasim

Tags

Terkini

Dua Terduga Teroris Kelompok JI Ditangkap di Bekasi

Jumat, 10 September 2021 | 13:49 WIB
X